PROFIL SEKOLAH

akreditasi

SEJARAH

SMA Negeri 2 Banjar sering disebut SMANDABAN berdiri pada tanggal 18 Agustus 2005 melalui Surat Keputusan Pendirian Sekolah Nomor : 421.5/kpts.231-Huk/VIII/2005 merupakan sekolah menengah atas pertama yang berada di Kecamatan Langensari Kota Banjar yang langsung berbatasan dengan desa madura kecamatan Wanareja kabupaten Cilacap.

Pada awal berdirinya SMA Negeri 2 Banjar hanya memiliki tiga ruang kelas baru pada tahun 2005, namun keterbatasan ruangan tidak menjadi kendala untuk memberikan ilmu kepada putra putri terbaik Langensari, karena dengan jumlah ruangan yang terbatas tidak berpengaruh pada jumlah peserta didik yang bersekolah di SMA Negeri 2 Banjar.

Saat itu SMA Negeri 2 Banjar dipimpin oleh bapak H. Lili Hasanudin sebagai PLT Kepala Sekolah yang kemudian digantikan oleh bapak Ahud Solehuddin yang menjabat menjadi Kepala Sekolah dari 2005-2010, kemudian digantikan kembali oleh bapak H.Tarsum Sumarna dengan masa jabatan 2010-2012 lalu setelah masa jabatan beliau berakhir digantikan oleh bapak Barnas dengan masa jabatan 2012-2020 dengan masa bakti selama 2 periode beliau kemudian berpindah tugas ke SMAN 1 Banjar, untuk saat ini SMAN 2 Banjar dipimpin oleh bapak Drs. Agus Prasetiana beliau berasal dari Garut tepatnya SMA Negeri 20 Garut.

VISI DAN MISI

Perkembangan dan tantangan masa depan seperti: perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, globalisasi, era informasi, dan berubahnya kesadaran masyarakat dan orang tua terhadap pendidikan memicu sekolah untuk merespon tantangan sekaligus peluang untuk mengembangkan potensi yang dimiliki dan memperbaiki kinerja dalam rangka mencapai tujuan yang diharapkan, yaitu meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.

SMA Negeri 2 Banjar memiliki potensi untuk mengembangkan semua hal tersebut melalui profil sekolah yang di wujudkan dalam Visi dan Misi sekolah sebagai berikut :

VISI

Terselenggaranya Kualitas Pendidikan Berkarakter Lingkungan untuk Membentuk Insan Cerdas Kompetitif yang Berlandaskan Iman dan Takwa

Pendidikan berkarakter lingkungan artinya Pendidikan yang bercirikan lingkungan lokal maupun global. Sebagai masyarakat langensari dengan berbagai budayanya dan selalu berusaha menyesuaikan dengan perubahan lingkungan global sesuai kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi

Yang dimaksud dengan insan cerdas adalah insan yang cerdas komprehensif, yaitucerdas spiritual, cerdas emosional, cerdas sosial, cerdas intelektual, dan cerdas kinestetis.

MISI

  1. Meningkatkan kemantapan landasan iman dan takwa
  2. Meningkatkan kualitas layanan pendidikan
  3. Membentuk kepribadian warga sekolah yang berjiwa lingkungan
  4. Meningkatkan kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual
  5. Meningkatkan kompetensi kepribadian, akhlak mulia serta ketrampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut